User Rating: / 0
PoorBest 

Google telah memberikan info penjadwalan perhitungan pagerank yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Perhitungan pagerank pertama di tahun 2010 telah dilakukan kemarin tanggal 31 Maret-1 April.

- Update PageRank ke 2 (31 June – 1 July 2010)
- Update PageRank ke 3 (31 September – 1 October 2010)
- Update PageRank ke 4 (31 December – 1 January 2011)

Selamat bagi pagerank website anda yang mengalami kenaikan, terus tingkatkan. Jangan menyerah kepada anda yang mungkin mengalami penurunan nilai pagerank. Metadesain sebagai jasa website masih tetap bertahan di posisi pagerank 3, walaupun (maaf) kami jarang update artikel selama 1 bulan ini, bahkan tidak konsisten, sehingga alhasil alexa kami naik(dengan kata lain, mengalami penurunan kunjungan unique visitor dan lama page view).

Kembali pada topik, kami akan membantu anda tentang bagaimana konsep algoritma pagerank Google Caffeine tahun 2010 ini dan apa yang sudah menjadi hal yang umum.

  1. SELALU buat 1-2 artikel baru yang berkualitas (maksudnya: memancing keyword yang hot dan pembahasan yang sedang popular) dengan penjadwalan yang konsisten, misalnya setiap hari senin dan kamis, anda menayangkan artikel baru. Tujuannya adalah semakin banyak yang terindeks Google, maka kemungkinan alamat website anda ditemukan di search engine untuk pencarian keyword tertentu semakin besar.
  2. Pastikan tidak ada link halaman yang rusak/broken link dalam website anda. Maksudnya jika Google kembali berkunjung dan tidak berhasil menemukan link-link anda yang sebelumnya ada di daftar database Google, maka website anda akan mengalami 'Google dancing'', yaitu usaha Google untuk mengindeks ulang link-link website anda kembali, sehingga posisi SERP(Search Engine Result page) anda akan tidak stabil. Ini pernah kami alami saat kami mengupload template baru, mengkategori ulang artikel-artikel kami sekaligus mengubah penulisan SEF(Search engine friendly) web kami, sehingga sekitar 2-3 bulan, SERP kami kacau untuk keyword popular kami, kadang bisa ada di posisi 2, 5, 6, 8, 9 bahkan 10 di halaman pertama Google Search Engine.
  3. Buat keterkaitan link halaman, misalnya halaman A menampilkan link halaman B, halaman B menampilkan link halaman C, dan halaman C menampilkan link halaman A dari website anda. Hal ini jangan dianggap remeh oleh kita, karna ini pun menjadi sarana pengumpulan nilai pagerank antar halaman website anda.
  4. Kadang website baru bisa muncul tiba-tiba di SERP yang sebelumnya tidak pernah ada. Jika dipikir-pikir hal ini wajar, karna Google mendahulukan pengindeksan website baru, namun tentu tidak bertahan lama, jika website tersebut tidak sering diupdate.
  5. Jika terdapat kesamaan konten di 2 atau lebih website yang berbeda, Google memprioritaskan website pagerank yang lebih tinggi (biasanya: pagerank tinggi berbanding lurus dengan banyaknya jumlah halaman website yang terindeks serta banyaknya inbound berkualitas), dan Google akan memberikan nilai penalti (banned atau black-list) bagi website lainnya.
  6. Redirection (301 redirect) atau pengalihan ke domain/halaman lain akan menurunkan besar nilai.
  7. Kecepatan loading website anda mempengaruhi kecepatan Google mengindeks keseluruhan website anda. Maka tidak heran mulai akhir 2009 lalu, Google memfasilitasi kita dengan analisa kecepatan loading website anda dan kompresi css dan javascript. Google hanya memberikan batas waktu untuk mengindeks semua halaman dan link website anda. Pemrograman yang mengandalkan memori seperti looping dan array bisa memperlambat Google memilah-milah script website anda. Baca artikel Cara optimalkan website.
  8. Jangan gunakan javascript sebagai menu navigasi anda, karena javascript diabaikan oleh Google, sehingga navigasi menu anda akan tidak diindeks link-linknya.
  9. Pilihlah server hosting yang baik, yang kecepatan dan ketangguhan servernya stabil.
  10. Lebih baik memiliki inbound(link masuk) dari website-website ABC yang berpagerank rendah namun tidak banyak outboundnya(link keluar dari website ABC tersebut), daripada memiliki inbound dari website DEF berpagerank tinggi namun besar outboundnya.
  11. Website subdomain Blogspot agaknya diprioritaskan oleh Google dibanding subdomain Wordpress.

Algoritma

Algoritma awal PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

Salah satu algoritma lain yang dipublikasikan PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

* PR(A) adalah Pagerank halaman A
* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)

Menerima pembayaran


MANDIRI 142-00-1107876-2
AN STEPHANUS ARIEF WIBISONO

BCA
6720255373
AN STEPHANUS ARIEF WIBISONO

BNI 0260936519
AN STEPHANUS ARIEF WIBISONO