User Rating: / 5
PoorBest 

Doorway Pages dan Page Cloaking adalah dua teknik Black SEO yang populer dengan memanipulasi konten untuk meningkatkan nilai pagerank di search engine dengan cara yang tidak benar /dilarang dan untuk mengelabui visitor maupun search engine.

Cloaking

Cloaking adalah teknik untuk memanipulasi konten website.

Contoh sederhananya dengan menggunakan tag <noscript><a href=”http://www.namasitus.com”> namakeywordsitus</a></noscript>. Script yang diproses tersebut tidak akan terlihat oleh mata manusia (kecuali oleh "View Source"), tapi bisa ditelusuri oleh robot search engine. Teknik sederhana tersebut biasa dipakai untuk menyembunyikan keyword dan links dari mata manusia (berupa hidden teks/keyword/keyphrase dan hidden links) dengan tujuan untuk manaikkan pencarian website pada search engine. Meskipun disearch, result keyword ditampilkan, namun jika kita membuka website tersebut, keyword yang kita cari tidak ada di situ.

Yang lebih kompleksnya, dengan menggunakan pendeteksian pengunjung melalui CGI script seperti PHP atau Perl. Script ini mampu mendeteksi IP dan browser yang digunakan oleh setiap pengguna, dan mampu mengenali apakah IP tersebut adalah milik pengunjung biasa atau milik spider dari sebuah search engine. Jika terdeteksi sebagai pengunjung biasa, maka akan diarahkan ke halaman index yang normal; Namun jika dideteksi sebagai spider, maka sejumlah script akan dijalankan untuk mengarah pada halaman website tertentu yang ingin dipopulerkan. Tindakan inilah yang akan dikenal dengan Doorway Pages nantinya.

Ilustrasinya sebagai berikut, suatu halaman index.php menggunakan sebuah script cloak, yang tentunya index.php lah yang akan pertama kali diakses oleh pengunjung tersebut. Script ini akan bertugas mendeteksi IP pengunjung tersebut dan mencocokkan dengan koleksi IP search engine dalam database yang memuat ratusan IP spider dari berbagai search engine. Jika IP pengunjung ditemukan dalam database, maka dapat dipastikan bahwa yang datang adalah sebuah spider dan index.php akan mengarahkan untuk menampilkan doorway page untuk spider tersebut. Sebaliknya, jika IP tersebut tidak ditemukan, maka halaman utama yang normal yang akan ditampilkan.

Anda bisa dapatkan ratusan IP search engine di www.iplists.com sebagai inputan database tersebut.

Cloaking dan Doorway Pages

 

Doorway Pages

Doorway Pages seperti hanya Cloaking tapi tidak manipulasi konten, namun membuat banyak halaman web yang me-link ke suatu halaman web yang diinginkan. Teknik ini adalah lanjutan dari setelah kita melakukan teknik cloaking. Untuk membuat pengunjung menuju halaman web yang diinginkan biasanya digunakan redirecting atau dengan trik supaya pengunjung mengklik link.

Cloaking dan Doorway Pages

Saat ini, script-script cloak yang sudah ready to use banyak ditawarkan di internet, contohnya adalah Kloakit 3.0. Script ini ditulis dengan bahasa Perl ini, fasilitasnya antara lain: Auto IP update, doorway page generator untuk masing-masing search engine, dan fasilitas menarik lainnya.

Resiko dari penggunaan kedua teknik tersebut:

  • Halaman index yang di-cloak tersebut pasti menjadi lebih lambat diakses dari halaman biasa, karna proses pendeteksian IP dan pembacaan database dijalankan. 
  • Jika IP spider diperbarui, dan database script cloak Anda belum uptodate, maka pastinya usaha anda akan hancur lebur.
  • Tindakan tersebut oleh beberapa webmaster dikatakan sebagai spamming. Jika anda lagi apes dan terdeteksi, maka bisa jadi URL website anda akan di-blacklist dan hilang dari pencarian. Namun berita baiknya, ini pun masih pro dan kontra. Selain itu, Google pun hanyalah sebuah sistem algoritma saja yang bisa saja luput dalam pengecekan. Berikut artikel yang dapat membantu anda mengenai doorway : http://www.promosi-web.com/doorway-page.php

 

Jika membutuhkan jasa pembuatan website, silakan anda hubungi saya sebagai jasa website Anda

Menerima pembayaran


MANDIRI 142-00-1107876-2
AN STEPHANUS ARIEF WIBISONO

BCA
6720255373
AN STEPHANUS ARIEF WIBISONO

BNI 0260936519
AN STEPHANUS ARIEF WIBISONO